Aceh Singkil, Aceh – Dalam rangka untuk menyukseskan keberlanjutan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, maka dilakukan Pelatihan Penguatan untuk Aparat Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan.

Pelatihan yang diikuti aparatur pemerintah desa dan kecamatan se-Kabupaten Aceh Singkil, dilaksanakan di ibukota Kabupaten Aceh Singkil, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 23 sampai dengan 26 November 2021.  Peserta pelatihan terdiri dari unsur pemerintah desa dan pemerintahan kecamatan yang berasal dari lokasi dampingan Program Pamsimas.  Peserta tersebut berasal dari 32 desa dan perwakilan 10 kecamatan se-Kabupaten Aceh Singkil yang menjadi lokasi dampingan Program pamsimas.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Erwin, ST, MT selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat Kabupaten Aceh Singkil, pada Kamis (26/11/21). Erwin dalam sambutan pembukaan menyampaikan,  pemerintah desa  mempunyai peranan penting dalam proses pemberdayaan dan membangun partisipasi masyarakat serta mengawal isu air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) pada pembangunan di desa.

“Ada dua peran pemerintah desa dalam menyukseskan pembangunan di desa yang bisa digunakan, yaitu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat dan melibatkan masyarakat dalam pembangunan secara partisipatif,” terang Erwin.

“Pemerintah desa dapat melakukan kerja sama bidang air minum dengan pihak swasta.  Silakan para kepala desa membuat kerja sama untuk memperbaiki sarana yang tidak berfungsi agar dapat normal kembali sehingga dapat melayani kebutuhan air bersih bagi warga,” ucap Azwir, SH.  Azwir merupakan Kepala Dinas DPMK Kabupaten Aceh Singkil yang menyampaikan materi tentang Kerja Sama Desa dalam Bidang Air Minum.

“Diharapkan pemerintah desa memberikan perhatian dalam menyusun program di desa dengan memberikan perhatian khusus dalam penyediaan air minum dan sanitasi di kampung,” tambahnya.

Pada saat pelaksanaan pelatihan, peserta diajak untuk secara bersama-sama mengikuti dan menyimak jalannya Rakornas Pamsimas tahun 2021 di Jakarta (25/11/2021), Bersama-sama dengan Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas DPMK Aceh Singkil, dan Tim Pamsimas Kabupaten Aceh Singkil.

Salah seorang peserta pelatihan Mawardi, yang merupakan Camat Pulau Banyak Barat menyampaikan harapannya agar Program Pamsimas dapat dilanjutkan kembali pada tahun yang akan datang.

“Di kecamatan kami, di daerah kepulauan baru, satu desa terdanai Program Pamsimas.  Masih banyak desa di kecamatan kami yang kesulitan air.  Menurutnya, dari segi geografis wilayahnya cocok dibangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikelola oleh desa karena merupakan wilayah kepulauan,” tambah Mawardi.

Lebih lanjut Kepala Desa Pea Jambu Kecamatan Singkohor, Ujang Suparman, yang merupakan desa dampingan Pamsimas tahun 2018, juga menyampaikan harapannya agar Pogram Pamsimas dapat dilanjutkan kembali.

“Saat ini desa kami terbagi ke dalam 3 dusun.  Kami menginginkan adanya tambahan satu  sumur bor (lagi) dan bak penampung. Kami juga membutuhkan meter air agar memudahkan KPSPAMS dalam menjalankan tugasnya melayani air bersih untuk warga,” pinta Ujang Suparman.

Sementara itu District Coordinator Pamsimas Kabupaten Aceh Singkil, Salman Nurdin berharap, pasca berakhirnya Program Pamsimas agar sarana air minum terbangun di Kabupaten Aceh Singkil dapat dimanfaatkan, dijaga, dan dipelihara sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat secara berkelanjutan.

“Ada sebagian sarana yang berfungsi sebagian atau malah ada yang tidak berfungsi sama sekali, agar dapat dihijaukan (berfungsi) kembali, dengan cara melakukan perbaikan sehingga sarana dapat berfungsi normal kembali.  Hal ini agar menjadi perhatian para kepala desa dalam mendukung keberlanjutan pengelolaan sarana air minum Pamsimas,” terang Salman.

Salman berharap, sarana air minum yang berfungsi baik agar dapat dilakukan pengembangan untuk menjangkau jumlah pelayanan yang lebih besar sehingga seluruh masyarakat desa dapat terlayani kebutuhan air minum yang layak dan aman. (Salman NurdinDC Aceh Singkil/Bahagia IshakCo PC Aceh/ Hartono Karyatin-Media Sp PAMSIMAS).