Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pamsimas TA 2025

Merupakan bagian dari sistem pemantauan, evaluasi, dan pelaporan Kegiatan Pamsimas melalui pengelolaan data dan informasi yang terpadu. SIM Pamsimas adalah satu-satunya sumber data dan laporan kuantitatif mengenai kemajuan pelaksanaan Kegiatan Pamsimas.

Gambaran Umum

  • Satu Aplikasi SIM Pamsimas.
    Input Data SIM, Monitoring Data SIM, Penilaian Kinerja Pendamping

  • Pembuatan Akun Pribadi.
    Setiap tenaga pendamping harus memiliki akun untuk mengakses aplikasi SIM Pamsimas

  • Tagging Sarana Fisik.
    Tagging sarana dilakukan melalui identitas koordinat melalui foto yang diambil dari kamera Handphone

  • Hari SIM (MIS Day).
    Pelaksanaan Hari SIM dilakukan untuk mengevaluasi keterisian dan kualitas data yang dilakukan setiap akhir bulan

  • Update Data SIM.
    Update Data Pelaksanaan Kegiatan 2025, Update Desa asca Pamsimas

  • Pelaporan Digital.
    Laporan berbasis data SIM, Penyampaian pelaporan secara digital melalui aplikasi

Tugas dan Peran Pendamping

Operator Aplikasi

  • Tingkat Pusat:

    1. Tim Konsultan Advisory Pamsimas (KAP)
      • Pengelola Aplikasi SIM Pamsimas)
      • Monitring dan Evaluasi Data SIM Tingkat Nasional
  • Tingkat Provinsi:

    1. Koordinator Provinsi
      • Monitoring dan Evaluasi Data SIM Tingkat Provinsi
    2. Asisten Pengelola Keuangan
      • Input Data Tingkat Provinsi (SK Penerima BPM dan SP2D)
      • Monitoring dan Evaluasi Data SIM Tingkat Provinsi
    3. Administrator Keberlanjutan
      • Input Data Desa Pasca Pamsimas
  • Tingkat Desa:

    1. Fasilitator
      • Input Data SIM Desa Tahun 2025

       

     

Pengguna Aplikasi

  • Akses data Internal

    • Tingkat Pusat
      • Tim Pelaksana KIBM Pamsimas
        (Akses Data SIM Tingkat Nasional)
    • Tingkat Provinsi
      • PPK Air Minum / Balai PBPK
        (Akses Data SIM Tingkat Provinsi)
  • Akses data Eksternal:

    1. Masyarakat Umum
      • Akses Data Publish

Alur Proses Penggunaan Aplikasi SIM

HRM Manajemen – Proses Pengisian Data SIM – Evaluasi Data SIM

Alur Proses Input Data SIM

Pusat – Provinsi – Desa

Modul dan Instrumen Data SIM

Modul 1. Data Demografi Desa

1.1 Informasi Umum Desa

Modul 2. Data Perencanaan

2.1 Sosialisasi Desa
2.2 Pembentukan Pokmas dan KPSPAM:

2.2.1 Pleno dan Profil Pokmas
2.2.2 Pengurus Pokmas
2.2.3 Pleno dan Profil KPSPAM
2.2.4 Pengurus KPSPAM

2.3 Identifikasi Masalah dan Analisa Situasi (IMAS):

2.3.1 Hasil Pemetaan Sosial
2.3.2 Pleno IMAS

2.4 Pleno Pemilihan Opsi Sarana dan Kegiatan

2.5 Uji Kualitas Air PraKonstruksi

2.6 Penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM)

2.6.1 Sumber Air Baku
2.6.2 Rincian Kegiatan RKM
2.6.3 Rencana Pelatihan
2.6.4 Rencana Promosi Kesehatan
2.6.5 Target Penerima Manfaat SAM
2.6.6 Target Penerima SR BNBA
2.6.7 Rencana HOK
2.6.8 Rencana Pengadaan
2.6.9 Daftar Rencana Paket Pengadaan
2.6.10 Rencana Pengamanan Lingkungan
2.6.11 Rencana Penggunaan Lahan

2.7 Pleno RKM

2.4 Pleno Pemilihan Opsi Sarana dan Kegiatan

Tenaga Pendamping pada HRM Pamsimas

Pendataan Tenaga Pendamping dikembangkan untuk mencatatkan tenaga pendamping dalam pelaksanaan Kegiatan Pamsimas

Siklus Pencatatan Tenaga Pendamping

Penggunaan & Pemantauan

Fitur Aplikasi SIM

  • Modul entry data SIM Pamsimas TA 2025 dan Pemuktahiran Desa Pasca
  • Verifikasi tenaga pendamping dapat diakses melalui akun Provinsi
  • Pengaturan desa dampingan dapat diakses melalui akun Provinsi
  • LaporanQuick Status menampilkan status cepat dari tahapan kegiatan Pamsimas
  • Laporan Mingguan akan dibuat secara otomatis berdasarkan pengisian modul entry data SIM, dalam format Laporan Form 1 dan Form 2.
  • Kelengkapan Data menampilkan prosentase bobot keterisan data SIM Modul 1 sampai dengan Mdoul 4
  • Kualitas Data menampilkan data anomali yang harus diperbaiki oleh fasilitator
  • Dokumentasi Kegiatan berisikan kumpulan file dokumen yang dapat dijadikan sebagai backup dan bank data secara digital.
  • Foto dan Koordinat, menampilkan foto dan tagging lokasi pembangunan sarana fisik mulai dari foto 0, 25, 50, 75, dan 100%.

Fitur Laporan SIM

Internal Report

Laporan yang digunakan untuk memonitoring dan evaluasi dari setiap tahapan kegiatan yang sudah dilakukan, seperti laporan kelengkapan dan anomaly data

Publish Report

Laporan yang disajikan bagi masyarakat umum yang berisi informasi data profil desa, progres Pembangunan fisik, dan foto & koordinat