SIMAMAD

Mengukur Keberlanjutan
Akses Layanan Air Minum Nasional

Unduh sekarang dan ketahui datanya

Temukan di Google Play

Apa itu SIMAMAD

SIMAMAD Hadir untuk membantu dalam melakukan update data SPAM Berbasis Masyarakat, dimana pengelolaannya melibatkan masyarakat, serta untuk mengukur keberlanjutan layanan SPAM serta kontribusi terhadap akses air minun seAboutAppsra Nasional, telah dikembangkan Sistem Informasi Manajemen Air Minum Aman Desa atau disingkat SIMAMAD.

Aplikasi ini berbasis mobile (android) dan digunakan ditingkat Desa/Kelurahan.

Data yang data di-update melalui aplikasi SIMAMAD meliputi: Data Sambungan Rumah (layanan JP), Data status keberfungsian saran SPAM, Data Iuran dan BOP; serta Data status penguin kualitas air minum.

blank
blank

Menu Aplikasi

  • PROFIL
    Data-data dasar dari Desa atau Kelurahan dimana unit SPAM tersebut memberikan layanan terhadap Air Minum kepada masyarakat.

  • INBOX
    Menampilkan pesan atau kumpulan pesan sistem terkait aksi, konfirmasi atau validasi termasuk pesan khusus yang disampaikan melalui admin SIMSPAM.

  • MEDIA
    Menampilkan panduan penggunaan aplikasi SIMAMAD, beserta video singkat tutorial SIMAMAD

  • SETTING
    Digunakan untuk mengatur variable, status atau perhitungan tertentu yang dilakukan secara otomatis oleh aplikasi.

Menu Keberlanjutan

  • SR (Sambungan Rumah
    Merupakan form isian atau update data terkait akses masyarakat terhadap layanan SPAM berbasis masyarakat, baik melalui Sambungan Rumah (SR) secara langsung, maupun melalui sarana Hidran Umum(HU) atau Kran Umum(KU)/Non SR.

  • IURAN
    Merupakan form isian atau update data terkait iuran yang terkumpul selama atau pada triwulan berjalan berdasarkan skema yang sudah disepakati, serta jumlah biaya operasional dan pemeliharaan terhadap unit SPAM.

  • KEBERFUNGSIAN
    Merupakan form isian atau update data akses masyarakat terhadap sarana SPAM yang ada, data yang diisi berdasarkan fakta atas air yang mengalir kepada masyarakat bukan berdasarkan sarana yang tersambung. Air yang mengalir harus memenuhi secara kuantitas maupun kualitas.

  • KUALITAS AIR MINUM

    Merupakan form isian atau update data terkait hasil uji pengukuran kualitas air minum yang dilakukan oleh Puskesmas/Lembaga Kesehatan/Laboratorium resmi(terakreditasi) untuk memastikan kondisi air minum yang digunakan masyarakat dalam kondisi aman atau memenuhi syarat. Pengukuran atau pengujian disarankan dilakukan secara berkala 3 atau 6 bulan sekali.

Panduan & Tutorial

Berikut video ini yang berisikan tutorial singgat penggunaan aplikasi SIMAMAD,
mulai dari Instalasi sampai penggunaan fitur-fitur yang ada.

Hubungi Kami

Aplikasi SIMMAMAD ini dikembangkan oleh
Direktorat Air Minum Cipta Karya dan Program Pamsimas 2023

Direktorat Jenderal Cipta Karya
Jl. Pattimura No.20, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

DIREKTORAT AIR MINUM

Jl. Patimura No.20,
Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110
Indonesia

Telp. +6221 722-798-061
Email. ditpamio@gmail.com