top banner
  I  

PAMSIMAS Kaltim Perkuat Kualitas Implementasi Infrastruktur

Berita Terbaru
Administrator |Senin - 09 Oktober 2017 13:05:37 WIB | dibaca: 1 pembaca

Samarinda  -  Tim ROMS 13 bekerjasama dengan PPMU  Program Pamsimas Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Expert Group Meeting (EGM) yang diikuti oleh Tim ROMS Provinsi dan Tim ROMS Kabupaten se-Kalimantan Timur, di Samarinda (26-28 September).  Pertemuan ini secara umum bertujuan untuk menyamakan pemahaman seluruh Tim ROMS Provinsi dan Kabupaten terkait peran dan tugasnya agar bisa memberikan pendampingan yang berkualitas kepada pengelola program tingkat Provinsi dan Kabupaten.  Kegiatan EGM ini juga dimaksudkan untuk meningkatan kualitas implementasi bidang infrastruktur dan pemberdayaan pada pelaksanaan Program Pamsimas TA. 2017 dan pemilihan desa sasaran TA. 2018, serta pencapaian target penyelesaiannya. 

Tim ROMS adalah Tim Pelaksana Program Pamsimas Tingkat Provinsi dan Kabupaten yang salah satu fungsinya adalah mengawal pelaksanaan Program Pamsimas agar sesuai dengan Pedoman dan Juknis; memastikan kualitas pendampingan dan hasil di tingkat masyarakat maupun Pemda; memastikan pencapaian jumlah target pemanfaat tingkat provinsi dan kabupaten; dan peningkatan kapasitas Pemda dalam pengelolaan program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh Tim ROMS 13 Provinsi Kalimantan Timur, yang terdiri dari Provincial Coordinator (PC), TA Pemberdayaan, Financial Management Sp. (FMS), TA Local Government, dan Data Management Analyst (DMA).  Sedangkan Tim ROMS dari Kabupaten yang hadir berasal dari Kab. Paser, Kab. Kutai Barat, Kab. Kutai Kartanegara, dan Kab. Kutai Timur.  Tim ROMS Kabupaten terdiri dari District Coordinator (DC) dan Co-DC, Data Financial Management Assistant (DFMA) dan Data Entry and Administration Officer (DEAO).  Karena Kegiatan juga dimaksudkan untuk meningkatan kualitas implementasi bidang infrastruktur, kegiatan ini juga dihadiri oleh  Tenaga Ahli Water Supply and Sanitation (WSS) Pusat, Poppy Harsutiani sebagai Narasumber.   

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Satker PSPAM) Kalimantan Timur Syafrudin menyampaikan, pelaksanaan Pamsimas III TA. 2017  akan segera memasuki triwulan IV.  Artinya, kita sudah hampir memasuki akhir tahun anggaran 2017.  Berkaitan dengan kegiatan capaian progres pelaksanaan fisik TA. 2017 dan progres persiapan pemilihan desa sasaran TA.  2018, tentu menjadi perhatian serius bagi kami selaku pengelola program Pamsimas di provinsi, terlebih bagi pengelola program ini di pusat, khususnya terkait dengan tingkatan serapan dana kegiatan dan target penyelesaian fisik di Desember 2017.

Berdasarkan laporan Tim ROMS Kalimantan Timur saat pembukaan EGM, capaian progres pelaksanaan fisik TA. 2017 provinsi Kalimantan Timur masih 10,08%.  Tentu sangat mengkhawatirkan sekali untuk bisa dapat memenuhi target penyelesaian fisik dan biaya di Desember 2017.  Tetapi syukur Alhamdulillah, saat penutupan acara EGM dilakukan progress fisik telah mengalami kenaikan.  Sebagaimana dilaporkan oleh Tim ROMS provinsi dengan mengambil data MIS (Quick Status) progress fisik naik menjadi menadi 15,37%.

“Mudah-mudah trend kenaikan progres yang sudah dicapai ini berjalan terus hingga target penyelesaian pelaksanaan di Desember 2017 dapat kita capai”, harapan Kasatker PSPAM Kalimantan Timur sebagaimana disampaikan pada saat menutup acara EGM.

Lebih lanjut Kasatker menyampaikan, beberapa kendala yang akan mempengaruhi capaian progres pelaksanaan sedapat mungkin dapat diminimalisir khususnya terkait dengan kekosongan fasilitator yang masih terjadi pasca pelatihan penyegaran fasilitator yang baru lalu.  Untuk itu, Satker PSPAM Kalimantan Timur akan segera mengajukan permohonan rekrutmen lagi kepada Satker PAMBM (Pusat).  Semoga dapat segera dilakukan pengisian kekosongan tenaga fasilitator yang akan bertugas dalam mendampingi masyarakat.

Terkait masih adanya keterlambatan pembayaran gaji dan biaya operasional (BOP) tenaga fasilitator, Kasatker PSPAM berjanji akan mengkomunikasikan ke pihak manajemen/ perusahaan pengelola administrasi fasilitator.  Semoga ke depannya pembayaran gaji dan BOP fasilitator tidak lagi terlambat dibayarkan.

Dalam menutup acara EGM, Kasatker PSPAM berharap hasil yang diperoleh oleh Tim ROMS Kabupaten, dari pelaksanaan EGM ini dapat diimplementasikan di kabupaten masing-masing dalam rangka peningkatan kinerja pendampingan program Pamsimas III  di provinsi Kalimantan Timur.  Disamping itu, hasil kegiatan EGM ini agar dapat disampaikan kepada tim Fsilitator Masyarakat (FM) dan pengelola program di kabupaten agar masing-masing pihak dapat mengikuti perkembangan informasi yang terkini dan diharapkan dapat mendukung kinerja pelaksanaan program Pamsimas di kabupaten. (Hartono Karyatin-SosMed & Communications Sp.)


Tidak disertai video terkait.