top banner
  I  

CB Online Inovasi Tingkatkan Kapasitas Basis Web

Berita Terbaru
Administrator |Jum'at - 29 September 2017 10:57:28 WIB | dibaca: 60 pembaca

Bone -  Fasilitator Program Pamsimas Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan On The Job Training Capacity Building (OJT CB) menggunakan aplikasi online website pamsimas.org di Kecamatan Tanete Riattang Barat Kab. Bone Sulawesi Selatan, Rabu (27/7/2017). Acara tersebut dibuka langsung oleh Jasman Kurnia Rahim – Tenaga Ahli Capacity Development and Capacity Building (TA-CD/CB) provinsi Sulawesi Selatan.  Peserta OJT CB merupakan tenaga fasilitator pendamping masyarakat di Kab. Bone.  Untuk menjamin kualitas pelaksanaan OJT CB sesuai yang diharapkan, kegiatan ini secara penuh dihadiri TA-CD/CB provinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus melakukan monitoring.   

Peserta OJT CB merupakan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat (FM-CD) dan Fasilitator Water Supply And Sanitasi (FM-WSS). Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh Konsultan Kabupaten, yang terdiri dari District Coordinator - Muh. Yusuf Karim, Co-District Coordinator - Andi Dian Angraeni, Data Entry Assistant  Operator - Rahmawati Syarif, yang didampingi Fasilitator  Senior - Babullah Hafel dan Andi Taslim untuk memberikan penguatan. 

Dalam arahannya Jasman Kurnia Rahim menuturkan maksud dilaksanakannya OJT CB sebagai wahana untuk peningkatan kapasitas bagi pelaku Pamsimas khususnya Tim Fasilitator pendamping masyarakat yang dilakukan secara rutin setiap bulan selama program berjalan.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan/atau ketrampilan dalam membedah kasus, penanganan fakta/masalah yang ditemui di lapangan untuk merumuskan solusi penanganannya.  Disamping itu membahas berbagai hasil monev dan menyusun tindakan penanganan dan antisipasi untuk mencegah kejadian yang sama serta meningkatkan motivasi bersama untuk peningkatan integritas dan kualitas pendampingan. 

Lebih lanjut, disampaikan dari sisi pembiayaan kegiatan CB Day (OJT), manajemen PT Surya Abadi memberikan dukungan yang sangat baik, bahkan telah disiapkan pendanaan pelaksanaan kegiatan CB Day bagi 25 kabupaten wilayah ROMS 15 di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat hingga akhir tahun 2017. 

Pelaksanaan CB Day September 2017 ini sebagai pilot project CB Day di Provinsi Sulawesi Selatan bersamaan dengan 4 Kabupaten lainnya, yakni Kab. Maros, Kab.  Enrekang, Kab. Jeneponto dan Kab. Luwu Timur. Diharapkan pelaksanaan CB Day ke depan kualitas pelaksanaannya lebih baik.

Muh. Yusuf Karim selaku pemandu menjelaskan, pada pokok pembahasan dan penguatan CB Day September ini disesuaikan dengan hasil Training Need Assestment (TNA) dan feed back peserta dalam pelatihan penyegaran fasilitator yang telah dilaksanakan sebelumnya. 

Khusus Kab. Bone, hal-hal yang menjadi fokus perhatian antara lain review kualitas perencanaan masyarakat, mulai dari pelaksanaan IMAS I dan II, PJM pro-Aksi dan RKM.  Hal ini dirasakan penting karena bertepatan dengan proses siklus existing yang sedang berlangsung dan menghasilkan rencana kerja fasilitator.  “CB Day berbasis online merupakan wadah sharing pembelajaran bersama antar-FM guna meningkatkan kualitas pendampingan dalam perencanaan dan pelaksanaan program Pamsimas”, tegas Yusuf Karim.

“Pelakasanaan CB Day Kab. Bone sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendampingan fasilitator  di lapangan, baik pada  tahap perencanaan maupun pasca kegiatan, sehingga apa yang menjadi kebutuhan fasilitator di lokasi kegiatan mudah didapatkan melalui pemberian materi-materi yang diajarkan", tutur Fasilitator Senior Babullah Hafel memberikan penegasan, sekaligus mengakhiri pilot project CB Day di Kab. Bone (Melky Syam-FM CD Kab. Bone/Hartono Karyatin-SosMed & Communications Sp.)


Tidak disertai video terkait.